Senin, 20 Mei 2019

KELABBA MAJA, KABUPATEN SABU RAIJUA-NTT

Salah satu tempat wisata unik yang layak masuk dalam daftar kunjungan andalah Kelabba Maja. Wisata yang baru saja terpilih menjadi pemenang Anugerah Pesona Indonesia kategori surga tersembunyi tahun 2019  ini terletak di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Kelabba Maja berasal dari kata Ke’labba yang berarti sebagian tanah abu dan Maja yang berarti nama dewa, sehingga sering disebut sebagai tempat para dewa. Biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan ritual adat meminta keselamatan dan kesuburan. Ritual ini biasanya dilakukan saat purnama bulan juli dengan mempersembahkan korban  sembelih berupa kambing atau ayam merah.

Tempat wisata ini acap kali disandingkan  dengan keindahan Grand Canyon yang ada di kawasan Arizona  serta Zhangye Danxia yang dikenal sebagai Gunung Pelangi yang berada di China. Kelabba Maja sendiri menawarkan perbukitan dengan tebing bak ukiran indah dengan degradasi merah marun, merah muda, cokelat, dan kelabu bak sapuan kuas. Terdapat juga pilar-pilar batu berjenis granit berwarna merah muda dengan komposisi puncaknya seperti jamur dengan dominasi warna merah tua kecoklatan. 

Kelabba Maja terletak didusun Kelanalalu, Desa Wadu Medi, Kecamatan Hawu Mehara. Untuk mencapai tempat ini diperluhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak sekitar 28 Km dari Seba. Lokasinya cukup dekat dengan pantai, serta banyak ditumbuhi pepohonan yang didominasi oleh pohon Vachellia atau pohon duri/akasia.

Untuk ke Sabu kita bisa menggunakan pesawat Dimonim Air dari Bandara El Tari Kupang, Bandara H. Hasan Aroeboeman Ende, Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, atau Bandara D.C. Saudale Rote Ndao. Bisa juga menggunakan Kapal Cepat dengan waktu berlayar 4-5 jam atau kapal lambat dengan waktu berlayar 8-9 jam dari dermaga Bolok, dari Ende dan juga Waingapu, Sumba Timur. Setelah sampai di Pulau Sabu, kapal ferry akan bersandar di Pelabuhan Kota Seba, ibu kota Kabupaten Sabu Raijua Ojek Sepeda Motor merupakan alternatif agar kamu dapat jalan-jalan kemana saja sesuai destinasi yang kamu inginkan. Terdapat beberapa penginapan  seperti Maryo, Hotel Manna dan Rai Hawu. 

 











LET'S VISIT AND KEEP CLEAN !!!!

Follow MY IG :


Nyonggalang

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search